• Terjemahkan

  • Every Day With Jesus

    Februari 2011
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28  
  • Facebook saya

  • Tuhan Penyelamatku

    Sebab barangsiapa yang beseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan...
  • Top Clicks

  • WIN OUR AREA FOR JESUS!

  • BAPA TAHU BAHWA KAMU MEMERLUKANNYA

    Janganlah kamu khawatir … Bapamu yang di surga tahu bahwa kamu memerlukan semuanya itu (Matius 6:31,32)

    Kita dengan mudah menjadi panik ketika menghadapi masalah yang serius, misalnya kehilangan pekerjaan, anggota keluarga yang terkena kanker, anak yang suka melawan.

    Kita pun berdoa, dan menyibukkan diri. Kita mulai melakukan segala sesuatu yang kita anggap bisa membawa kita ke arah yang positif.
    Dan, kita cemas. Kita tahu bahwa itu hanya memboroskan waktu. Namun, banyak di antara kita terjebak dalam dilema ini. Kita tahu bahwa kita harus memercayai Allah, tetapi kita bertanya-tanya tentang apa yang kira-kira akan Dia lakukan.

    Inilah saatnya bagi kita untuk berpaling kepada firman-Nya, dan mengingat bahwa Dia berjalan bersama kita dan meminta kita menyerahkan segala kekhawatiran dan beban kita kepada-Nya. Kitab Suci menyatakan, “Serahkanlah segala kekhawatiranmu kepada-Nya, sebab Ia memelihara kamu” (1 Petrus 5:7), dan “Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus” (Filipi 4:19).
    Ketika pikiran Anda mencemaskan masa depan, ingatlah bahwa “Bapamu yang di surga tahu” (Matius 6:32) dan akan memberi Anda apa yang Anda butuhkan.

  • All for Love – Hillsongs United Song Lyrics

Tabut Perjanjian (Keluaran 25:10-22)

Tabut Perjanjian adalah dikenal item terbaik di Kemah Suci , terkenal karena kekuatan misterius terhadap musuh-musuh Israel (bab I Samuel 5 & 6).

Tabut Perjanjian berada di Tempat Mahakudus, ruang terdalam dari Kemah Suci. Akses hanya diizinkan satu kali per tahun, pada Hari Pendamaian (Yom Kippur). Akses dibatasi untuk satu orang saja, Imam Besar . Dia harus datang ke Tempat Mahakudus dengan darah kambing, atas nama sendiri dan orang Israel dosa ‘.

Tabut sendiri adalah sebuah kotak kecil yang terbuat dari kayu akasia , dilapis dengan emas . Ini diukur 1,15 meter, lebar 0,7 meter dan 0,7 meter. Hal ini dilakukan dengan dua bar yang panjang, juga terbuat dari kayu penaga yang disalut dengan emas.

Tabut adalah takhta Allah dalam tempat kediaman-Nya di Kemah Suci. Kebanyakan orang mengasosiasikan Tabut Perjanjian dengan penghakiman dan murka, memang demikian. Hari akan segera datang ketika Allah akan menghakimi rahasia hati rakyat (Roma 2:16) dan “murka Allah nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman orang-orang yang menindas kebenaran” (Roma 1:18). “Dia yang membentuk mata, apakah Anda pikir Dia tidak bisa melihat atau Dia yang menanam telinga, apakah Anda pikir Dia tidak mendengar??” (Mazmur 94:9) Jika Anda masih tidak yakin, silakan baca tentang takhta putih yang besar penghakiman Allah dalam Wahyu 20:11-15. Tapi, ada penutup Tabut, yang dikenal sebagai Mercy Seat, atau Pendamaian Cover. Di sinilah darah kambing itu ditaburi oleh imam besarpada Hari Raya Pendamaian , untuk menenangkan benar kemarahan’s Allah (mengambil hati) untuk dosa-dosa bangsa Israel.

Roma 3:24-25 memberitahu kita bahwa ada penebusan dalam Kristus Yesus, karena Allah telah menetapkan-Nya sebagai pendamaian sebagainya, melalui iman dalam darah-Nya. Kristus telah mati. Harga dibayar. Untuk mereka yang percaya dalam Kristus kematian Yesus untuk dosa-dosa mereka, sekarang ada rahmat tidak murka. “Allah menunjukkan kasih-Nya bagi kita, ketika kita yang masih berdosa, Kristus telah mati untuk kita Setelah sekarang. Telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita akan diselamatkan dari murka melalui Dia” (Roma 5:8-9).

Terlampir untuk tutup Ark meliputi dua Kerub. hadirat Allah tidak tinggal di dalam kotak, namun tetap di atas Tabut, di antara dua Kerub. Disini Tuhan tinggal “dalam terang didekati” (I Timotius 6:16 Mazmur 104:2). Imam Besar harus melindungi matanya, karena “tidak ada seorangpun yang akan melihat Aku dan hidup” (Keluaran 33:20). Ini adalah di mana Allah bertemu dengan Musa (Keluaran 25:21-22 Imamat 16:14-15). Kemuliaan TUHAN memenuhi Kemah Suci pada hari itu dipelihara dan diurapi (Keluaran 40:9,18,34-35), tepatnya empat belas hari pendek dari satu tahun sejak Keluaran dari Mesir (Keluaran 40:2; 12: 6,31). Kerub dua di Mercy Seat diwakili kemuliaan Allah (Ibrani 9:5).

Kita tidak diberitahu secara detail apa Tabut Perjanjian tampak seperti. Beberapa model, seperti yang satu ini, menunjukkan berlutut Cherubim. Model-model lain menunjukkan berdiri Cherubim. Apa yang kita tahu adalah bahwa sayap Kerub yang terbentang, untuk menutupi Mercy Seat, sayap dua Kerub mungkin menyentuh satu sama lain untuk membentuk penutup yang lengkap. Ketidakpastian itu seharusnya tidak terlalu masalah kita “untuk saat ini kita melihat samar-samar, tetapi kemudian muka dengan muka. Sekarang aku tahu sebagian, tapi kemudian saya akan tahu persis seperti aku dikenal” (I Korintus 13:12)

Gambar di bawah menunjukkan model Tabut, dimana tutupnya telah dihapus sehingga Anda dapat melihat isi yang sesuai di dalam Tabut:

Bersama tiga item bentuk Kesaksian (Keluaran 25:21), maka disebut Tabut Tabut Perjanjian tersebut.

1. The Stone Tablet Hukum

Sepuluh Perintah Allah ditulis pada dua buah batu, oleh jari Allah di Gunung Sinai (Keluaran 31:18, 32:16,19, 34:1). Tablet batu juga disebut tabel kesaksian (Keluaran 31:18), karena mereka menunjukkan kepada kita seperti apakah Allah itu: cemburu, peduli, setia dan benar. Ia adalah kudus dan benar.

Berikut adalah Sepuluh Perintah Allah (Keluaran 20:1-17):

    Pendahuluan: “Akulah Tuhan, Allahmu, yang membawa kamu keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.

  1. Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.
  2. Anda tidak harus membuat bagimu patung apapun, Anda tidak akan sujud kepada mereka atau melayani mereka. Sebab Aku, Tuhan Allahmu, adalah seorang Allah yang cemburu.
  3. Anda harus tidak menyalahgunakan nama Tuhan, Allahmu, untuk Tuhan tidak akan menahan orang bersalah yang menyalahgunakan nama-Nya.
  4. Ingatlah hari Sabat dan kuduskanlah. Enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan, Allahmu. Karena dalam enam hari Tuhan menjadikan langit dan bumi, laut dan semua yang ada di dalamnya, dan beristirahat pada hari ketujuh.
  5. Hormatilah ayahmu dan ibumu, sehingga Anda dapat hidup lama di tanah yang dikaruniakan Tuhanmu Allah itu kepadamu.
  6. Anda tidak akan pembunuhan.
  7. Anda tidak berzinah.
  8. Anda tidak akan mencuri.
  9. Anda tidak mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu.
  10. Jangan mengingini rumah sesamamu, Anda tidak akan mengingini istri sesamamu, atau apapun yang dipunyai heighbour Anda.

Sepuluh Perintah Allah pada dua loh batu adalah dasar untuk itu perjanjian Allah dengan Israel (Keluaran 19:5-7). Mereka menetapkan apa persyaratan yang benar dari hukum, tapi tidak ada pasokan untuk membantu anak-anak Israel untuk mematuhi perintah-perintah.

Karena anak-anak Israel tidak melanjutkan di sisi mereka perjanjian (hal itu mustahil, Roma 8:3), Allah berjanji untuk membuat perjanjian yang baru, “bukan seperti perjanjian yang saya buat dengan nenek moyang mereka, perjanjian-Ku yang mereka putus, meskipun aku seorang suami kepada mereka “firman Tuhan (Yeremia 31:32).

“Ini adalah perjanjian bahwa saya akan membuat dengan kaum Israel sesudah waktu itu, firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, dan Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. Tidak ada lagi yang harus setiap orang mengajar tetangganya mengatakan ‘Mengenal Tuhan’, karena mereka semua akan mengenal Aku, dari yang kecil sampai yang terbesar di antara mereka, demikianlah firman Tuhan. Sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan dosa mereka Aku akan ingat lagi ” (Yeremia 31:33-34).

Ini adalah Perjanjian Baru yang Yesus telah diratifikasi oleh darah-Nya (Lukas 22:20).

Mazmur 40:8 adalah nubuat Mesias: “Lihatlah, Aku datang; dalam gulungan Kitab ada tertulis tentang saya: ‘Saya senang untuk melakukan kehendak Mu, ya Allahku, dan hukum Anda dalam hati saya'” .Dalam pemenuhan: “Ketika kepenuhan saatnya tiba, Allah mengutus Anak-Nya, yang lahir dari seorang perempuan, yang lahir di bawah hukum, sehingga Dia bisa menebus mereka yang berada di bawah hukum Taurat “(Galatia 4:4). Yesus Kristus telah memelihara hukum Allah, mengasihi Tuhan Allah-Nya dengan segenap hati-Nya, dan tetangga-Nya sebagai sendiri. Hal ini jelas dari membaca empat Injil .Berkenan untuk melakukan kehendak Tuhan (Yohanes 4:34; 5:30, 6:38), Yesus memiliki hukum Allah (yang ‘Kata-kata’ Sepuluh Allah) dalam hati-Nya, sama seperti Tabut Perjanjian terus tablet-tablet batu hukum Allah. Firman Tuhan telah menjadi daging dan tabernacled di antara kita, penuh kasih karunia dan kebenaran (kenyataan, Yunani) (Yohanes 1:14). Melalui ‘kematian Yesus di salib, sebagai sempurnapenawaran , kita diampuni pelanggaran kita berdasarkan hukum dan ditebus dari perbudakan itu.

Allah melakukan untuk menulis hukum-hukum-Nya ke dalam hati kita dan menuliskan mereka di pikiran kita, dengan memancarkan Roh AnakNya ke dalam hati kita (Ibrani 4:06 Galatia 8:10-12). Setelah itu, yang bekerja dalam kehidupan terjadi, “Kristus yang adalah hidup kita” (Kolose 3:4), “Kristus yang terbentuk di dalam kamu” (Galatia 4:19), yang akan menghasilkan setidaknya kesaksian yang sama Allah sebagai Sepuluh Perintah. Anak-anak Israel melanggar perjanjian yang lama, dan kita masih lakukan, karena mencoba untuk tetap sendiri-upaya dalam daging kita. Dalam Perjanjian Baru, Tuhan melakukan untuk menulis hukum-hukum-Nya ke dalam pikiran kita dengan Roh-Nya (Roma 8:4 Yehezkiel 36:25-28), asalkan kita hidup oleh Roh.

John sangat ekonomis dalam tulisannya, dengan menggunakan satu atau dua kata untuk menggambarkan realitas yang luas. Tapi fokusnya tidak pada pemahaman begitu banyak seperti benar-benar mengetahui, mengalami, misalnya Roti Hidup (Yohanes 6:35). Yohanes menyebut Yesus sebagai:

    yang ‘Firman’ dalam Injilnya (Yohanes 1:1)
    yang ‘Firman Hidup’ dalam surat pertamanya (1 Yohanes 1:1)
    yang ‘Firman Allah dalam Wahyu 19:06.

Dalam setiap kasus, pemikiran yang mendasari John tampaknya Tabut Kesaksian.

Klik di sini untuk kembali ke Indeks

 


2. Aaron’s Rod yang bertunas

 

Sedikit sejarah diperlukan untuk memulai dengan: akun ini dalam Bilangan bab 16. Beberapa saat setelah Tabernakel telah berfungsi, salah satu imam (Korah) dan beberapa orang lain dipasang tantangan kepada pimpinan Musa dan Harun. Ditulis dalam bahasa yang sangat spiritual, Korah beralasan ‘tidak semua orang suci Tuhan? tidak Dia di antara semua dari mereka? mengapa Musa dan Harun para pemimpin saja? – Itu terlalu banyak bagi mereka untuk mengatasi ‘. mitra Korah tidak imam. garis penalaran mereka benar-benar kata anti-Tuhan: “Musa, Anda telah membawa kita jauh dari negeri yang berlimpah-limpah susu dan madu (Mesir) ke padang gurun ini. Di mana tanah ini mengalir dengan susu dan madu yang kau janjikan kami? D’Anda pikir kita semua buta? ” Ini adalah terang-terangan berbohong; Mesir telah berarti kerja keras dan, kesulitan sengsara air mata pahit dan putus asa, tapi setelah beberapa bulan membangun Tabernakel yang indah, memori perbudakan yang memudar, maka tantangan.

Musa memerintahkan semua orang untuk tampil di hadapan Tuhan pada hari berikutnya. Mereka harus mengisi pembakar dupa perunggu dan menempatkan mereka di hadapan Tuhan. Tuhan marah dan dinilai Korah dan kroni-kroninya. sensor mereka menjadi yang digunakan dalam meliputi untuk Bakaran Altar , sebagai pengingat’s murka Allah dari sorga atas orang-orang yang telah berbicara begitu keras melawan Dia dan mereka Dia telah memilih (Bilangan 16:29).

Tapi insiden itu tidak selesai di sana. Seluruh jemaat kemudian mulai menggerutu terhadap Musa dan Harun karena mereka telah “membunuh orang Tuhan ‘. Sekali lagi Tuhan bereaksi marah dan wabah pecah, dipadamkan hanya ketika Musa dan Harun dipatuhi ditempatkan-Nya (yang berwenang) pedupaan hadapan TUHAN di Kemah Suci. Wabah telah dituntut tol yang menghancurkan orang-orang dan Tuhan telah membuktikan negatif bahwa Musa dan Harun memang pilihannya.

Namun, Tuhan ingin membuktikan positif bahwa Aaron pilihannya untuk imamat (Bilangan 17:5). Sebuah batang dari kepala masing-masing dua belas suku itu ditandai dengan nama suku dan ditempatkan di hadapan Tuhan, pada Tabut Perjanjian itu (Bilangan 17:4). Ketika Musa kembali keesokan harinya, tongkat Harun yang pernah bertunas taoge, menghasilkan bunga dan almond matang. Tuhan memerintahkan Musa untuk menempatkan kembali tongkat Harun sebelum Kesaksian ini, “untuk disimpan sebagai tanda melawan pemberontak” untuk mencegah sungut lebih lanjut dan kematian (Bilangan 17:10).

Itulah sejarah. Aplikasi datang dalam Yohanes 11. Yesus Lazarus sakit cukup serius. Yesus mengasihi keluarga: Lazarus, Marta dan Maria. Tetapi Yesus tidak pergi untuk melihat mereka langsung, Dia menunggu dua hari. Hal ini menyebabkan banyak bergumam dan penalaran. Yang pertama sekelompok murmurers dan Seseorang adalah murid, terutama ketika Yesus (tanpa diberitahu) mengumumkan bahwa Lazarus telah tertidur (Yohanes 11:11,14). Seikat berikutnya murmurers dan Seseorang yang sedang Marta dan Maria dan para pelayat. Martha tidak sabar untuk memberi tahu Yesus apa dia berpikir, pertemuan dengan Allah di jalan. Maria kurang gencar, tapi masih membuat pengamatan yang sama seperti Martha: “Tuhan, jika sudah ada di sini, saudara saya tidak akan mati” (Yohanes 11:21,32).

Hal ini terlihat sangat buruk. Yesus telah membiarkan semua orang turun, hanya apa yang ‘tekan’ ingin ‘mempublikasikan’. Hal ini dalam lingkungan yang sangat kematian, putus asa dan putus asa bahwa Yesus mengumumkan “Akulah Kebangkitan dan Hidup Dia yang percaya kepada-Ku, walaupun dia mungkin mati, ia akan hidup..” (Yohanes 11:25) Yesus bertanya Martha jika ia yakin. Dia memberi jawaban yang doktrin hebat: dia percaya bahwa Yesus adalah Mesias, Kristus, Anak Allah yang telah datang ke dalam dunia (Yohanes 11:27). Dia menghindari menjawab ‘pertanyaan yang sebenarnya karena teologi dia sudah “Yesus di benaknya’ karena kesedihannya. Beberapa yang lain mulai mempertanyakan bahkan apakah Dia adalah Mesias. Lagi pula, jika Yesus bisa membuat orang buta melihat (bukti kuat Dia adalah Mesias, Yesaya 42:1,7), mengapa ia tidak bisa mencegah Lazarus dari mati?

Yesus tidak punya niat untuk mencegah Lazarus dari mati. Dia tampaknya memiliki setiap niat menunggu sampai ia telah meninggal, sehingga orang akan melihat kemuliaan Allah muncul dalam Kemah Suci, Yesus Kristus, dan bahwa banyak akan percaya dalam (ke)-Nya (‘menjadi’ adalah harfiah Yunani) (Yohanes 11:40,15,45). Lazarus bukan hanya sepotong kayu, lopped dari pohon badam di suatu tempat, seperti tongkat Harun telah. Lazarus adalah manusia skala penuh ini, seorang teman baik, sekarang (setelah mati selama empat hari di Israel) pasti cepat membusuk, rusak di luar harapan.

        • “Loose dia! Biarkan dia pergi!
      • “Lazarus, keluarlah”

    • “Ayah saya mengucapkan terimakasih bahwa Engkau telah mendengarkan Aku”
      (Dia telah berada di Golden Dupa Altar berdoa)

  • “Singkirkan batu itu”

Apa tanda Mesias! Siapa yang bisa diragukan lagi sekarang bahwa Yesus adalah yang Ia mengatakan Dia adalah – Kebangkitan dan Hidup? Hanya orang-orang yang mendalangi rencana untuk membunuh-Nya (Yohanes 11:47-54). Tapi bahkan mereka berada di bawah pengaturan kedaulatan ahli Allah.

Begitu banyak sejarah Kemah Suci dan sejarah Kuil adalah mengganggu dan mengecewakan. Tapi hari ini, ribuan tahun kemudian, orang masih sangat ingin belajar tentang Kemah Suci dan Kuil. Hal ini banyak yang harus dilakukan dengan Tabut Perjanjian, yang (paling tidak bagian dari sejarah perusahaan) mengandung batang budding yang terpenuhi dalam Yesus, yang adalah Kebangkitan dan Hidup!Begitu banyak sejarah gereja, dan bahkan sejarah saya sendiri sangat mengecewakan, tapi sekali lagi dan lagi Tuhan Yesus Kristus menjadi Kebangkitan dan Hidup kepada anggota Tubuh-Nya, yang merupakan Gereja yang benar.

Saya sendiri yang hidup, berjalan bukti bahwa Yesus Kristus adalah Kebangkitan dan Hidup. Malam ini saya menulis artikel ini pada Kemah Suci untuk Internet dan CD-ROM. Jika Internet / teknologi CD-ROM telah tersedia tujuh tahun lalu, ketika saya adalah seorang Kristen sangat murtad, saya yakin bahwa saya akan mencari keluar untuk yang sama sekali berbeda (bahkan kotor) jenis bahan. Bagaimana Saya berterima kasih kepada TUHAN karena kasih-Nya terhadap saya, untuk menyimpan saya, untuk membawa saya kembali ke melihat lagi Yesus dalam Injil (yang Pintu ke Mahkamah Luar ), untuk mati bagi saya di Bakaran mezbah (salib) untuk mengampuni semua kesalahan saya, untuk mencuci dan membersihkan aku di Laver kata-Nya, untuk makan saya dengan Roti Hidup , untuk bersinar pada saya sebagai Terang dunia , menyebabkan reaksi terang hidup dalam diriku. Terima kasih, Tuhan, untuk berdoa bagi saya di setiap tahap kehidupan saya dan untuk penggembalaan saya kembali ke Diri. Terima kasih, Tuhan Yesus, Engkau adalah Kebangkitan dan Hidup, dan Kau nyata dalam hidup saya. Pujilah Nama Kudus Anda!

tongkat Harun yang bertunas adalah tanda pilihan lanjutan Tuhan Harun sebagai imam (Bilangan 17:5). Namun imamat Harun terputus oleh kematiannya. Tuhan Yesus Kristus, meskipun, memiliki imamat yang didasari dengan kehidupan dihancurkan (Ibrani 7:16). Dia mampu menyimpan ke ujung orang-orang yang datang kepada Allah melalui Dia (Ibrani 7:25). Apakah Anda perlu kembali ke Tuhan, sekarang, melalui Dia?

Klik di sini untuk kembali ke Indeks

 


3. Pot Emas Tersembunyi ‘Manna’

 

Manna adalah makanan yang datang dari Allah untuk memberi makan anak-anak harian Isreal di padang gurun selama empat puluh tahun perjalanan mereka ke Kanaan. Itu diberikan kepada anak-anak Israel sedemikian rupa sehingga mengharuskan mereka untuk mengembangkan disiplin diri. Manna hanya datang di pagi hari dengan embun (Keluaran 16:13-14). Pada saat matahari sudah habis, itu akan menguap (Keluaran 16:21). Hal ini harus dikumpulkan setiap hari, residu apapun akan berkembang biak cacing dan bau (Keluaran 16:20), dan mereka harus mengumpulkan porsi ganda pada hari keenam, karena tidak akan jatuh pada hari Sabat (Keluaran 16:22-27) . Itu disebut ‘Manna’, karena itu adalah bahasa Ibrani untuk ‘apa itu’. Itu tampak seperti ketumbar putih dan terasa seperti biskuit wafer dibuat dengan madu (Keluaran 16:31). Tuhan memerintahkan Musa untuk mengisi kapal omer dengan Manna dan menyimpannya untuk peringatan untuk generasi masa depan bagaimana Allah memberi mereka makan di padang gurun (Keluaran 16:32-33). Ini adalah Pot Emas Manna Tersembunyi di Tabernakel.

Sekarang, jelas bahwa jika Manna disimpan lebih lama dari satu hari, atau dua hari (jika itu adalah hari Sabat), maka Manna akan berkembang biak cacing dan bau. Mengapa kemudian mencoba untuk menyimpannya untuk peringatan untuk generasi mendatang?

Kuncinya adalah Golden Pot. The Golden Pot akan berlangsung selama-lamanya. Hal ini bulat, menunjukkan kekal; itu adalah emas, menunjukkan ‘Tuhan, ilahi’ . The Golden Pot menunjukkan hidup yang kekal. Hidup kita harus “tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah” (Kolose 3:3) dan kita harus tahu “kita hidup Kristus”, yang abadi (Yunani) kehidupan zoe (Kolose 3:4). Manna Tersembunyi adalah peringatan tentang bagaimana Tuhan telah menderita umat-Nya dalam situasi sulit. Kristus adalah nyata dan berlaku untuk setiap orang di setiap zaman dalam setiap keadaan. Pertanyaannya adalah: berapa banyak yang Dia benar-benar hidup kita atau berapa banyak yang Dia hanya tertempel di di akhir, ketika kita memiliki beberapa waktu / energi untuk memberi-Nya? Juga ketika kita mengalami suplai kehidupan-Nya dalam situasi ketat, itu baik untuk memiliki peringatan yang memasok setia hidup-Nya sebagai rezeki untuk acara-acara serupa di masa depan. “Inilah hidup yang kekal bahwa mereka mungkinmengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus, yang diutus oleh Bapa “berdoa Yesus dalam Yohanes 17:3.

Klik di sini untuk kembali ke Indeks

 

Halaman ditulis oleh Martyn Barrow .
Foto adalah © Hak Cipta 1984 & 1995 dan tidak dapat disalin tanpa izin
dari London (foto pertama) atau Jenewa (foto kedua).

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 81 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: